8:00 AM
3
Google Code
Hey Gwener's, What's Up!
Membuat template HTML bagi developer sudah pasti menjadi hal yang biasa. Beberapa ditingkat lanjut (advance) pasti akan membagi template ini dalam beberapa kategori seperti file HTML, css dan image serta script javascript. Jika template ini digunakan pada blog seperti Blogger pasti akan mengalami kendala untuk harus mengupload file tersebut satu per satu. Selain itu jika menggunakan blogger susunan file pasti tidak terstruktur. Hal ini justru akan menyulitkan untuk mengganti atau memperbaikinya dikemudian hari.
Salah satu cara yang efektif menggunakan template ini adalah membuat file tersebut di hosting. Memang banyak hosting gratis yang bisa sobat manfaatkan. Namun saya lebih merekomendasikan menggunakan Google Code ini. Disamping lebih efisien juga bisa digunakan secara bersamaan jika sobat membuatnya dengan team atau istilahnya membuat sebuah project.
Baik, langsung saja kita ulas bagaimana membuat hosting di google code.

Cara daftar Google Code

  • Buka situs Google Code
  • Buat New Project
  • Isi data sesuai project yang ingin sobat buat. yang perlu diperhatikan adalah saat memilih Source Control. Saya lebih merekomendasikan menggunakan SVN Subversion
Membuat project baru google code

Cara upload file di Google Code

Google code memiliki cara berbeda dengan hostingan lainnya. Jika sobat pernah memiliki hosting biasanya akan ada control panel atau file manager untuk mengupload file. Namun hal ini berbeda dengan Google Code. Seperti yang jelaskan sebelumnya google Code menggunakan Source Control untuk memanagement file yang dihoting di Google Code ini.
Sobat bisa memanfaatkan salah satu Source Control seperti SVN. Jika belum memilikinya bisa didownload terlebih dahulu. Prosesnya sederhana ada 2 aktifitas yang bisa sobat lakukan, yakni:
  1. SVN Update
    Aktifitas ini digunakan untuk mendownload semua file pada google code dan diletakan file di laptop sobat. Jika sobat ingin mengubah atau menghapus file-file tersebut bisa dilakukan dilokal PC saja.
  2. SVN Commit
    Ini merupakan aktifitas lanjutan dari deskripsi diatas. Setelah sobat melakukan modifikasi file sebenarnya belum lansung terhubung ke Google Code. Sobat harus melakukan SVN Commit ini untuk mensikronkan file yang berada pada lokal PC dengan yang ada di Google Code.

Demikianlah cara menggunakan google code ini. Ayo segera buat file dan upload di google code ini. Sebenarnya tidak hanya File template saja yang bisa hosting di Google Code. File apapun bisa juga. Karena source control bisa digunakan pada file extensi apapun.

3 comments:

  1. Hosting sekrang di google code

    ReplyDelete
  2. Thanks gan atas informasinya
    kunjungi juga free hosting cpanel accelerated 2 ( asli x3 loh gan)
    http://masbahrun.com/free-cpanel-accelerated2-gratis/

    ReplyDelete