8:00 AM
1
Hey Gwener's, What's Up!
Dalam proses development ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan logika yang diberikan. Proses ini terkadang membutuh eford juga, Seperti melakukan proses debug. Hal ini biasanya paling umum dilakukan oleh developer .Net untuk mengetahui hasil dari code yang telah dibuat.

Kenapa perlu debug?

Walaupun kita sudah yakin dengan proses dan logika yang diterapkan pada code project sebenarnya tetap perlu melakukan debug untuk melihat hasilnya. Ini dilakukan pada proses dan tahap testing. Sebagai developer tentu ini sudah tidak asing lagi.
Beberapa hal kadang tidak harus dilakukan proses debug, bisa saja karena membutuhkan memory yang cukup besar sehingga proses debug ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga menghambat proses development yang sobat lakukan. Dari beberapa pengalaman yang saya lakukan, Seperti membuat Pattern Regex (Regular Expression) biasa akan membutuhkan debug yang berulang-ulang demi menemukan patern yang sesuai dengan keinginan. Nah, apa saja sih aplikasi yang bisa membantu proses debug ini sehingga dapat menghemat waktu proses development. Selengkapnya baca terus arikel ini ya.

2 Aplikasi untuk membantu proses debug .Net Project

  1. Expresso
    Expresso merupakan salah satu aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk membangun pattern dari regex. Banyak kelebihan yang bisa sobat dapatkan dengan aplikasi ini. Salah satu fiturnya adalah bisa langsung di konversi ke Code C#. Jadi selain testing dan mendapatkan patern yang sesuai sobat bisa langsung mendapatkan Code C# yang benar. Penasaran? sobat bisa membaca cara menggunakannya pada artike berikut Aplikasi untuk membuat Regular Expressions lebih mudah.
  2. LinqPad
    Linqpad sesuai dengan namanya aplikasi ini digunakan untuk memanipulasi expressi linq maupun lamda. Tidak hanya itu, linqpad ini bisa sobat manfaatkan juga untuk membangun sebauh aplikasi. Cara kerja nya hampir sama dengan IDE visual studio walaupun aplikasi ini lebih fokus pada expresi linq. Mau tau lebih dalam tentang aplikasi ini? saya sudah mengulasnya di artikel ini Aplikasi untuk testing Linq dan Lamda Expression
Pada inti membuat aplikasi .Net memang memerlukan proses debug. Namun dengan meminimalisir proses ini tentu akan mempercepat proses development yang sedang dilakukan. Tips dari saya adalah sebaiknya proses debug dilakukan setelah membuat sebuah lifeCycle sehingga tidak dilakukan secara berulang-ulang. Selain itu juga bisa memanfaatkan fitur testing project.

1 comments: