Elemen developement
Hey Gwener's, What's Up!
Sobat seorang developer? sudah pernahkah menjadi freelance ataupun pekerjaan sampingan yang masih berkaitan dengan developer?. Ya, Sebagaian besar developer pasti pernah melakukan hal sampingan ini. Mungkin iseng ataupun karena kebutuhan yang mengharuskan mencari sampingan. Namun menjadi seorang freelance atau memiliki project sampingan tentu akan memiliki kendala dalam proses development. Terutama jika menggunakan produk microsoft, yakni .Net framework.
.Net Frameworkf di indonesia sendiri sudah berkembang dengan pesat banyak perusahaan IT konsultan yang muncul. Namun perlu diketahui untuk proses development project .net ini terkadang memerlukan budget yang tidak sedikit. Sehingga sebagai pekerjaan sampingan ini akan menyulitkan seorang developer. Nah, jika sobat sekarang melakukan hal tersebut, apa yang persoalan yang sedang sobat alami? mungkin dari sisi server developemt. Kali ini saya akan ulas elemen penting dalam proses developemen. Namun saya memberikan rekomendasi untuk freelance ataupun project sampingan yang tidak memerlukan biaya bahkan gratiis untuk memulai proses developement.

4 Elemen untuk proses development lebih mudah

  1. Database dengan SQLLocalDB v11.0

    Dalam suatu development tentu perlu menggunakan Database. Produk Microsoft seperti SQL Server tentu membutuhkan perangkat tersendiri untuk menginstallnya disamping lisensi tentu ini akan membutuhkan budget yang lumayan besar. Untuk meminimalisir budget kita bisa memanfaatkan SQLLocalDB. Berbeda dengan SQLExpress, versi LocalDB merupakan versi yang lebih ringan dan lebih canggih dengan pendahulunya yaitu SQl Compact.
    Fitur yang tersedia pada SQL LocaldB ini juga tergolong hampir sama dengan versi SQL Express bahkan SQL Server. Kelebihan lain dari veris LocalDB ini adalah bisa dibuat untuk berbagai macam instance. Namun sifatnya sangat private dan hanya bisa diakses oleh Local PC saja. Namun bisa dishare antar User. untuk lebih lengkap sobat bisa membaca melalui artikel berikut Cara membuat instance baru pada SQLLocalDB

  2. Source Control dengan TFS online

    Proses development tentu sangat penting dalam hal penggunakan Source Control. Apalagi proses tersebut terdiri dari beberapa team developer. Source Control berfungsi memanage coding yang sedang dibuat, sehingga tidak terjadi duplikasi dan kesalahan dalam proses development. TFS (Team Foundation Server) merupakan tools yang bisa dikombinasikan dengan Visual Studio. Lagi-lagi untuk menyediakan TFS ini juga memerlukan server tersendiri. Ini tentu membutuhkan budget lagi.
    Namun demikian, Visual Studio telah menghadirkan inovasi yang bagus sekali untuk para developer. Mereka menyediakan TFS online yang bisa diakses dari manapun dan bisa dibuat team membernya. Bahkan layanan ini gratis walaupun terbatas untuk beberapa team member saja. Namun, hal ini bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir budget developemnt. Untuk menikmati layanan ini sobat cukup memiliki mircososft account. Selanjut bisa dibaca disini Cara membuat Visual Studio online untuk cloud project

  3. Managemen workflow dengan Workflow Manager

    Baru-baru ini saya sudah banyak mengulas tentang workflo. Bisa dilihat pada artikel sebelumnya. Workflow Manager dapat membantu memanage workflow instance yang sedang berjalan. Selain itu service bisa diakses melalui HTTP. Setelah beberapa percobaan yang saya lakukan ternyata workflow manager bisa digunakan untuk local PC. Lagi-lagi ini bisa meminimalisir budget developemnt. Workflow manager mempunyai konsep dengan mempublish workflow yang akan digunakan. Nah, Selengkapnya sobat bisa baca disini Publish Workflow using Workflow Manager 1.0

  4. Gratis hosting untuk ASP.Net berbagai versi

    Ini adalah element trakshir dalam proses development jika sobat sedang menggunakan web application. Ya, kini tren aplikasi sudah mengarah ke web karena bisa diakses dari mana saja dan user interface yang lebih mudah. Namun untuk hosting .net juga memerlukan budget yang besar. di GweOne saya selalu merekomendasikan hosting yang satu ini. Disamping gratis space yang disediakan cukup besar. selain itu juga support database. Sehingga aplikasi web sobat bisa dijalankan di hosting ini. Selengkapnya bisa dibaca pada link judul diatas.

Demikian 4 elemen yang bisa mempermudah proses developement yang sedang sobat lakuakan. Jika informasi ini bermanfaat, sekiranya sobat berkenan juga memberikan komentar untuk merekomendasikan kepada sobat Gwener's lainnya. Terima Kasih.

1 comments:

  1. 4 element ini saya rekomendasikan jntuk freelance untik meminimalisir .net project

    ReplyDelete