Xamarin Apps
Xamarin Apps
Hey Gwener's, What's Up!
Membuat aplikasi Android maupun IOS saat ini telah menjadi aktifitas yang paling digemari, terutama para developer. Bagaimana tidak, membuat aplikasi tidak serta merta meluangkan kreatifitas namun juga bisa mendulang penghasilan. Ya, Perkembangan teknologi saat ini memunculkan ide kreatif untuk menampilkan promosi dalam iklan.
Pernahkah sobat memainkan aplikasi pada gadget namun tiba-tiba muncul sebuah iklan. Inilah sebuah inovasi yang diluncurkan oleh Google sebagai raksasa dalam dunia perikalan yang berhasil dengan Google Adsense. Kini versi mobile sudah tersedia. Iklan versi ini akan tampil pada aplikasi yang mengikuti panduan Google tentunya. Namun disinilah peran developer sebagai pembuat aplikasi.
Sebagai developer .Net, tentu hal ini menjadi keterbatasan dalam membuat aplikasi mobile, Terutama Android dan IOS apps. Namun sobat tidak perlu khawatir kini telah hadir tool yang membantu sobat untuk membuat aplikasi mobile menggunakan C# .Net. Ya, Xamarin adalah suatu project dari mono yang kini terus berkembang. Selengkapnya tentang ini ada di Cara membuat aplikasi android dengan .net framework
Awalnya mono project focus pada konversi .Net library ke Java Library ataupun aplikasi. Namun sejak munculnya android mono pun tidak mau ketinggalan. Kini para developer .Net tidak perlu pusing bagaimana membangung aplikasi mobile. Xamarin merupakan tools yang membantu konversi library antar platform. Namun apa saja kelebihan dari Xamarin ini. Berikut ulasan selengkapnya.

4 Kelebihan Xamarin untuk Android dan IOS Apps

  1. LINQ Suport
    Siapa yang tidak tahu linq? terobatan dari .Net membuath framework ini menjadi populer. Linq mempermudah dalam hal memanipulasi dari sebuah collection maupun object array. Tidak hanya itu linq membuat developer lebih mudah dalam query terhadapat object. Nah, bagi sobat yang ingin memperdalam tentang linq, saya punya tools dan aplikasi untuk mencoba linq khusus untuk .net developer, disini Aplikasi untuk testing Linq dan Lamda Expression
    Hal ini lah yang membuat xamarin menyediakan fitur tersebut. Perlu diketahui xamarin merupakan tools yang akan melakukan konversi ke antar platform. Bagi saya sangat luar biasa jika berhasil menerapkan linq pada lintas platform ini. Oleh karena itu ini menjadi fitur yang paling menarik dari xamarin.
  2. Work with XML Easily
    XML merupakan hal yang paling mudah untuk berinteraksi ataupun store suatu data. XML memberikan kemudahan dalam interface data. Jika pernah membuat API tentu XML adalah salah satu fitur yang mesti sobat sediakan. Disamping lebif efektif XML tersedia dan bisa diakses antar lintas platform. Oleh karena itu, xamarin pun membuat proses manipulasi XML dengan sangat mudah. Librarynya pun telah disediakan.
  3. Event Handling & Delegates
    Dalam aplikasi .Net, tentu sudah menjadi hal yang biasa tentang event handling dan delegates, ini merupakan suatu metoda dalam mengeksekusi suatu event. Apa dan bagaimana suatu event harus dieksekusi. Delegates sendiri berfungsi untuk mengirimkan suatu fungsi terhadap suatu event.
    Oleh karena itu, fitur ini mesti wajib disediakan oleh xamarin. Sobat bisa mencobanya nanti setelah melakukan instalasi terlebih dahulu.
  4. Use Both Cores
    Linq dapat digunakan untuk memparsing data dengan lebih baik, seperti JSON pada multi core device. selain xml JSON sering juga digunakan sebagai bentuk API untuk berinteraksi terhadap suatu service maupun aplikasi.

Demikianlah kelebihan yang akan sobat dapatkan jika menggunakan Xamarin untuk membuat mobile apps dibandingkan dengan Tools yang lain. Ya, karena Xamarin sebagai tool yang bisa digunakan juga untuk lintas Platform. Semua dibangun diatas .Net, dan xamarin akan membantu sobat untuk mengkonvernya. Mau tau alasan lainnya? baca 6 alasan untuk menggunakan Xamarin

3 comments: