8:00 AM
1
Expresso
Hey Gwener's, What's Up!
Pernah kah sobat menggunakan Regular Expression?. Banyak yang bisa sobat dapatkan dengan Regex ini mulai dari fitur validasi, Find and Replace dan lainnya. Namun membuat Regular Expression kadang perlu dilakukan test terlebih dahulu agar hasil yang diharapkan memang sudah sesuai. Nah, kali ini kita akan mengulas bagai mana membuat regular expression yang benar. Selengkapnya baca terus artikel ini ya.

Apa itu Regex?

Regular Expressions atau disingkat Regex merupakan sebuah kombinasi string dengan kode tertentu yang digunakan untuk menemukan suatu pola (Patern) yang telah ditentukan terhadap suatu nilai string. Contoh sederhana adalah untuk memvalidasi angka dari input string, memvalidasi format email, dan banyak lainnya.

Bagaimana menggunakan Regex

Penggunaan Regex disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Misalnya jika ingin memvalidasi angka sobat bisa menggunakan pattern berikut /d. Patern ini bisa sobat temukan dibanyak referensi. Permasalahannya adalah ketika membuat sebuah patern tentu perlu diuji terlebih dahulu sesuai case (kasus) yang ada. Nah berikut ada aplikasi yang bisa membantu sobat untuk membuat regex yang benar

Aplikasi untuk membuat Regular Expressions lebih mudah

Expresso adalah salah satu software yang bisa sobat gunakan untuk membuat patern regex yang lebih mudah. Software ini akan mempunyai layout yang simple terdiri dari beberapa item seperti Pattern, Konfigurasi Regex, Input string, dan Result Regex. Layout ini sebenarnya diambil dari struktur code regex yang akan sobat buat. contohnya adalah seperti berikut
using System.Text.RegularExpressions;

Regex regex = new Regex(
    @"(?\d{1,2})/(?\d{1,2})/(?(?:\d{4}|\d{2}))(?"
    + @"x)#Dates",
    RegexOptions.IgnoreCase
    | RegexOptions.Multiline
    | RegexOptions.IgnorePatternWhitespace
    | RegexOptions.Compiled
    );
Kelebihan dari aplikasi ini adalah
  • Live Result. Sobat bisa langsung melihat hasil exekusi pattern regex yang dibuat sehingga tidak perlu melakukan debug lagi pada project sobat buat.

1 comments: