LinqPad
Hey Gwener's, What's Up!
Sobat yang sering menggunakan Linq atau lamda Expression mungkin mempunyai kendala dalam hal melakukan debug ataupun membuat expression yang benar. Nah, kali ini saya akan mengulas sebuah aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk membangun linq expression yang benar. Sehingga ini akan membantu proses development bisa lebih cepat. Oke, Selengkapnya baca terus artikel ini ya.

Apa itu Linq Expression

Linq adalah salah satu fitur dari .Net framework yang paling diminati dan banyak digunakan oleh developernya. Hampir semua logic bisa di terapkan dengan linq ini. Konsepnya sebenarnya digunakan untuk Collection yang terdiri dari banyak item sehingga diperlukan query khusus yang memperoleh item berdasarkan kriteria tertentu. Inilah yang memunculkan linq Expression. Dalam perkembangan .net saat ini linq sudah dikombilasikan dalam bentuk fungsi yang sudah dilengkapi dengan expression. Fungsi ini dikenal sebagai Lamda Expression.
Seperti contoh gambar diatas merupakan Lamda Expression untuk memperoleh item dengan kriteria yang saya buat. dan hasil yang didapatpun sudah benar. Nah, untuk membangun expression ini tentu perlu proses testing terlebih dahulu. Banyak developer lebih memanfaatkan fitur debug dari visual studio. Menurut saya jika project tersebut masih skala kecil mungkin melakukan debug tidak akan memakan memory yang banyak namun jika sudah besar justru akan membuat proses debug lebih lama. Nah berikut aplikasi yang bisa sobat manfaatkan.

Aplikasi untuk testing Linq dan Lamda Expression

LinPad.net adalah aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk melakukan testing dari coding C# mengguankan Linq atau pun lamda expression. Tidak hanya itu project pun bisa sobat bangun dengan linpad ini. Tidak hanya khusus linq saja loh, apapun bisa sobat buat disini.

Keuntungan LinqPad

  • Membuat project apapun
  • Terhubung dengan database dengan drive yang bisa menjadi Add-in
  • Result dalam bentuk deskripsi object secara detail.
Selain aplikasi untuk Linq dan lamda ini ternyata juga ada aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk membuat Regular expression. Ini sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di Aplikasi untuk membuat Regular Expressions lebih mudah. Nah, demikian Informasi mengenai aplikasi ini. Sobat bisa menerapkannya untuk berbagai keperluan proses development.

1 comments: