Unit Test Project
Hey Gwener's, What's Up!
Dalam proses development tugas yang paling berat adalah melakukan proses testing. Karena proses ini harus memastikan apakah logika atau code yang sudah dibuat memang sesuai dengan kasus-kasus yang akan diterapkan nantinya. Namun jauh sebelum itu seorang developer juga perlu memastikan bahwa logic yang dibuat sudah benar. Salah satu bentuk yang bisa dilakukan adalah menggunakan unit test. Nah bagaimana menerapkannya berikut penjelasan lebih lengkap, baca terus artikel ini.
Unit test ini bisa dibuat untuk setiap objek, ini lebih efektif untuk memastikan setiap object yang memiliki logic memberikan hasil yang sesuai. Selain itu manfaat dari unit test ini adalah untuk menjaga konsisten dari logic yang dibuat. Ketika terjadi perubahan pada suatu object maka kita bisa memastikan hasilnya tetap sama menggunakan unit test ini.

Contoh Unit Test

[TestClass]
public class ContextTest
{
 [TestMethod]
 public void Create()
 {
  ContextDb db = new ContextDb();
  var result = db.create();
  Assert.AreEqual(2, result.Id);
 }
} 
Contoh diatas merupakan cara sederhana untuk menentukan apakah hasil yang dibuat dari ContextDb akan menghasilkan Id sama dengan 2. Jika terjadi perbedaan hasil maka Unit Test ini akan menampilkan hasil yang tidak sesuai sehingga ini akan membantu untuk mentrace kesalahan yang terjadi pada logic yang telah dibuat.

Bagaimana menerapkan Unit Test?

Unit test merupakan project tersendiri yang disediakan oleh Visual Studio. Seperti tampilan diatas. Buatlah project baru untuk Unit test ini. Kemudian tambahan refrence project yang akan dibuat unit testnya. Nah, selanjutnya silahkan buat unit test untuk objek yang ingin sobat lihat.

Dalam proses development biasanya diperlukan juga source control untuk mengendalikan dan memanage code yang telah dibuat. Sudah sobat menggunakannya? Kini visual studio sudah menyediakan TFS online yang bisa sobat gunakan dimana saja. Mau tau? silahkan baca selengkapnya disini Cara menggunakan Team Foundation Server (TFS) pada Visual Studio Online
TFS online ini memerlukan account visual studio online. Sobat bisa mendapatkannya dengan mendafarkan gratis. Namun harus memiliki microsoft account terlebih dahulu. Selengkapnya sobat bisa membaca di Cara membuat Visual Studio online untuk cloud project

1 comments: