Android Aplication/figcaption>
Hey Gwener's, What's Up!
Gadget dan Smartphone android saat ini sangat digandrungi oleh hampir seluruh masyarat dunia. Di indonesia saja hampir semua kaula muda sudah memiliki perangkat mobile dengan OS android. Banyaknya pengguna android tak luput dari perhatian para developer, banyak yang beralih profesi demi untuk mengembangkan aplikasi dengan OS ini. Bagaimana tidak, peluang membuat aplikasi android sangat besar.
Pernah sobat mendengar atau bankan mengalami sendiri dari pengaruh perkembangan gadget Android ini. Saya sedikit berikan ulasan mengapa begitu banyak potensi keuntungan dari OS ini. Android adalah OS yang khusus digunakan untuk khusus mobile. Kebanyakan Gadget dengan OS ini digunakan untuk menghibur diri dengan memainkan game. Pengguna ini sangat banyak sekali. Google pun tak ingin kecolongan. Sebagai raksasa periklanan (Google Adsense). Kini google pun meluncurkan versi Ads For Mobile. Iklan ini bisa disematkan pada aplikasi yang dibangun diatas OS ini. Coba sobat banyakan berapa banyak aplikasi dan penggunnya. Keuntungan dari periklanan ini tentu sangat besar. Inilah peran developer untuk membuat inovasi dan kreatifitas pada aplikasi maupun game yang dibuat.

Sobat familiar dengan .Net Framework? tentu akan sulit membuat aplikasi android karena OS ini dibangun diatas java. Namun teknologi saat ini memungkinkan developer untuk berinteraksi lintas platform. Artinya sebuah aplikasi bisa dibuat dengan berbagai macam framework ataupun style code yang berbeda-beda. Hal ini pun bisa sobat terapkan pada OS android ini.
Kini Aplikasi Android bisa sobat bangun menggunakan .Net Framework. Tentu sebagai penjembatannya membutuhkan tools dan library sebagai konverter yang akan menjadikan code c# menjadi Aplikasi android yang kita inginkan. Apa tools yang bisa sobat gunakan? Mono-project. Ya, salah satu produk dari mono project ini adalah Xamarin. tepatnya Xamarin.Android.
Xamarin android adalah fitur cross platfrom yang dibuat khusus untuk developer .Net framework. Nah penasaran dengan Xamarin androind ini. Sobat bisa langsung mencobanya dengan mendownload terlebih dahulu di http://xamarin.com/android. Salah satu uniknya adalah xamarin bisa dibuat menggunakan visual studio bahkan xamarin menyediakan IDE sendiri yang dinamaakan Xamarin Studio. Semua dibangun diatas C# .Net, jadi kalau sobat ingin mencoba membangun aplikasi andorid tidak ada salahnya memanfaatkan software ini.

Nah, jika berbicara tentang coding apalagi jika dikerjakan secara team tentu ada baiknya menggunakan source control. Saya punya informasi yang tepat jika sobat membutuhkan source control berikut pilihannya 3 Source Control online gratis untuk developer (Cloud Project). Source control ini online dan gratis bisa diakses dari manapun. Selain itu juga bisa diintegrasikan dengan team member
Namun karena saat ini kita sendan berbicara tentang .net, Maka source control yang paling cocok adalah TFS (Team foundation server). Memang untuk TFS membutuhkan server tersendiri, tapi sobat tidak perlu khwatir visual studio sudah menyediakan TFS online yang bisa diakses menggunakan microsoft account dari mana saja. Gratis!, Mau mencoba silah baca disini Cara menggunakan Team Foundation Server (TFS) pada Visual Studio Online

Perlu saya informasikan lagi bahwa membuat aplikasi android ini tidak harus memiliki nama perusahaan sendiri. Secara individual sobat sudah bisa menerapkannya. Karena yang dibutuhkan hanya pengetahuan tentang coding. Mungkin perkaranya hanya pada masalah finansial, membuat aplikasi memang memerlukan dana. Seperti software Xamarin itu memerlukan budget untuk memiliki lisensinya, kemudian menjadi developer andorid juga butuh dana belum selama proses development. Tentu banyak persoalan finansial yang perlu dipersiapkan. Namun demikian keuntungan yang bisa sobat dapatkan sebenarnya jauh lebih besar. Sehingga hal seperti ini memang perlu sedikit pengorbanan. Nah, untuk sobat yang ingin memulai secara individual perlu memahami dahulu apa saja yang perlu dipersiap. Berikut ulasannya 4 Elemen untuk mempermudah proses development untuk individual

1 comments: