Sa Login
Hey Gwener's, What's Up!
Mungkin sobat sedang mengalami hal yang sama yang saat ini sedang saya cari tau juga. Namun jangan khwatir kini sudah saya temukan cara untuk meenablekan sa login SQL server ini. Perlu diketahui sa Login secara default akan disable jika pada saat installasi sobat menggunakan Windows Authentication. Sehingga sobat harus me-enable-kan fitur ini secara manual.
Ada 2 cara yang bisa sobat lakukan yakni menggunakan SQL Management Studio atau dengan menggunakan script. Nah, untuk selengkapnya ada seperti penjelasan berikut ini.

Enable Sa Login melalui SQL Management Studio

Melalui Object Explorer bukalah menu Logins dan pilihlah properties dari sa. Perhatikan tanda panah merah kebawah seperi gambar berikut menandakan bahwa akun tersebut masih disable.
Sa Login Properties

Proses selanjutnya adalah memasukkan password untuk akun sa tersebut. Gunakan Password standar yang bisa sobat ingat
Sa Login Password
Tahap terakhir adalah mengenablekan akun ini. Bukalah menu Status dan Enable pada setting login seperti gambar berikut
Sa Login Enable

Enable Sa Login melalui SQL Script

Cara ini adalah yang paling mudah. Terlebih dahulu sobat harus login ke SQL server yang memiliki role sebagai Sysadmin. Selanjutnya sobat tinggal apply sesuai dengan script berikut
ALTER LOGIN sa WITH PASSWORD = 'P@ssw0rd' UNLOCK;
GO
ALTER LOGIN sa ENABLE ;
GO

Begilah cara mengaktifkan sa Login pada SQL server. Saya juga punya informasi menarik mengenai SQL server, Untuk sobat yang ingin melakukan proses development tanpa harus menginstall SQL Server ada disini Menggunakan SQL LocalDB v11.0 untuk proses development

1 comments:

  1. Rekomendasi saya menggunakan script aja lebih mudah dan cepat

    ReplyDelete