8:00 AM
1
Android Development Tools (ADT)
Hey Gwener's, What's Up!
Perkembangan gadget saat ini semakin marak dan terus meningkat. Berbagai macam tampilan dan jenis serta fitur yang diberikan juga beragam. Salah satu OS ponsel yang sedang naik daun saat ini adalah OS Android. Sejak pertama kali dimunculkan sudah menarik banyak peminat hingga pabrikan ponsel pun banyak yang terpincut dengan kecanggihan OS Smartphone ini. Akhirnya kinipun bisa sobat lihat di indonesia saja siapa yang tidak punya gadget android ini.
Sebagai seorang developer saya pun melihat ini ternyata juga berpengaruh pada dunia programing. Kini pun banyak bermunculan android developer. Khusus untuk membuat aplikasi yang dibangun diatas OS android ini. Awalnya bagi saya mungkin lebih mudah jika membangun aplikasi android dengan .Net Framework. Karena memang background programing saya dimulai dari framework tersebut. Namun kendala yang saya alami adalah mengkonversi framework tersebut ke aplikasi android. Memang sudah ada tools yang dapat melakukannya hanya saja harus merogok kocek dulu untuk menggunakannya. Ini yang pernah saya coba Cara membuat aplikasi android dengan .net framework
Tahukah sobat, dengan membuat aplikasi android ternyata seorang developer bisa memperoleh keuntungan finansial. Salah satu manfaatnya dengan menggunakan media perikalan google adsense
Tips yang paling mudah dalam membuat aplikasi adalah dengan menggunakan framework yang sudah ada sesuai dengan OS yang digunakan. Nah, Android pun begitu juga. Android telah menyediakan sebuah tools untuk membuat aplikasi berbasis android. Tools ini dikenal sebagai Android Development Tools (ADT)

Android Development Tools (ADT) adalah sekumpulan library yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi berbasis android. ADT ini terdiri dari berbagai versi sesuai dengan versi OS Android yang digunakan. Sampai artikel ini dimuat API yang digunakan pada versi terbaru adalah API 19 yang sesuai dengan OS Android Kitkat.
Pelu juga diketahui ADT ini dibangun dengan menggunakan java library. Sehingga untuk membuat aplikasi android ini sobat tentunya harus menguasai bahasa pemograman ini. Namun tidak perlu khawatir jika sobat terbisa dengan .Net, karena keduanya memiliki fungsi dan cara pemograman yang hampir sama, hanya terdapat beberapa perbedaan saja.
ADT juga dapat diintegrasi dengan tools IDE khusus java. Salah satu yang direkomendasikan adalah eclipse. Integrasi eclipse dengan plugin untuk berbagai keperluan aplikasi berbasis java. Ya, ADT ini bisa digunakan sebagai plugin, sehingga dengan eclipse ini sobat bisa membuat aplikasi android.

Instalasi ADT

Untuk menggunakan ADT ini sobat bisa langsung mendownload dari website android di http://developer.android.com/sdk/index.html. SDK ini sudah komplete dan dilengkapi eclipse + ADT Plugin.
Dengan mendownload langsung dari SDK tersebut sobat tidak memerlukan instalasi dan upgrade API, karena android platform yang diberikan sudah yang terbaru dilengkapi juga tools untuk membuatnya. Selain itu juga tersedia emulator yang bisa sobat gunakan untuk menjalankan OS Android atau aplikasi yang akan sobat buat nantinya.
Jadi tunggu apa lagi, silah dicoba menggunakan ADT ini untuk membuat aplikasi android dan buatlah sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna gadget android. Tentu nya juga akan kami tunggu kehadiran aplikasi mobile dari sobat.

1 comments: