Virtual device genymotion
Hey Gwener's, What's Up!
Genymotion merupakan emulator android yang lebih cepat dibandingkan emulator yang disediakan oleh ADT (Android Development Tools). Banyak developer lebih memilih genymotion yang lebih simple dan mudah digunakan. Selain itu Genymotion juga bisa digunakan juga oleh berbagai kalangan karena sangat simple dan praktis.
Genymotion membutuhkan software virtual machine seperti virtual box untuk membuat emulator. Mungkin sobat yang sudah sering menggunakan virtual machine tentu sudah tidak asing lagi. Cara ini lebih memungkinkan kinerja emulator yang digunakan lebih baik. Bahkan jauh lebih cepat dan responsive.
Beberapa test yang saya lakukan membuktikan bahwa emulator genymotion sangat cepat. Lebih bagusnya lagi emulator ini bisa digunakan juga sebagai plugin untuk IDE Development seperti eclipse. Sehingga sobat developer bisa langsung melakukan dan integrasi aplikasi android menggunakan emulator dari genymotion ini. lihat disini Genymotion sebagai plugin eclipse untuk emulator android

Berbeda dengan emulator dari ADT, genymotion telah membuat sendiri device emulator menggunakan virtual machine. Untuk OS android versi terbaru ternyata mempunyai kapastitas file yang besar dan untuk memperoleh ini kita harus mendownloadnya terlebih dahulu. Memang genymotion menyediakan berbagai macam emulator dengan spesifikasi yang beragam. Namun terkadang untuk mendownload file emulator ini akan terkendala jika koneksi tidak begitu stabil.

Download manual file genymotion

Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan solusi dengan mendownload manual. Cara dengan sedikit trik berikut. Buat sebuah device emulator baru sesuai dengan spesifikasi yang sobat inginkan. Dan pastikan sobat mengingat pilihan sobat tersebut karena kita akan melakukan proses ini 2 kali dan tentunya pastikan sobat juga terhubung dengan internet.
Pilihan yang sobat pilih akan mendownload sebuah file, seperti tampilan dibawah ini. Jika proses download telah berlangsung lakukan Cancel terlebih dahulu dan tutup kembalo aplikasi genymotion ini.
Download file genymotion
Sekarang buka file explore dan cari file Log untuk aplikasi genymotion ini yang berada di %User%\AppData\Local\Genymobile\genymotion.log. Buka file tersebut dan lihatlah pada bagian bawah. file ini berisi log dari aplikasi genymotion, disini sobat akan menemukan url file yang akan didownload. Ya, tujuan kita membuka file log ini adalah untuk menemukan url file dan mendownloadnya secara manual.
Carilah url file dengan ektensi (*.ova) dan download file tersebut secara langsung atau menggunakan download manager. Jika sobat menggunakan IDM ekstensi file ini akan berubah menjadi (*.tar) ketika proses download berlangsung. Namun sobat tidak perlu khawatir cukup merubahnya kembali setelah proses download selesai.
Jika berhasil, copy file tersebut di lokasi %User%\AppData\Local\Genymobile\ova dan pastikan ekstensi yang sobat gunakan sudah benar. Tahap terakhir adalah melakukan pembuatan emulator ulang seperti pada tahap awal. dan pilih virtual device yang sobat tentukan sebelumnya. Secara otomatis file tersebut tidak akan didownload kembali karena telah tersedia pada folder ova tersebut.

Dengan demikian sobat sudah bisa menjalan emulator genymotion ini untuk mecoba aplikasi android. Sudah mencoba membuat aplikasi android? Sebaiknya sobat pelajari dulu caranya di sini Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android

5 comments:

  1. download sebanyak munkin file emulator ini terutama untuk setiap versi android yang ingin digunakan

    ReplyDelete
  2. udah bisa nih gan download file genymotionnya. makasih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, sekarang emulatornya sudah support dengan android OS yang terbaru

      Delete