Android Development Tools (ADT)
Hey Gwener's, What's Up!
Sebelumnya saya sudah mengulas tentang bagaimana membuat aplikasi android dengan C# di Cara membuat aplikasi android dengan .net framework. Memang banyak cara yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi android ini. Namun perlu kita ketahui bahwa dasar pembuatan aplikasi android memang dibangun diatas pemograman java. Salah satu tools yang bisa digunakan adalah Eclipse yang merupakan rekomendasi dari android developer. Namun sebelum menggunakan tools ini sobat memerlukan plugin yang bisa dintegrasikan dengan android disebut sebagai Android Development Tools (ADT)

Apa itu ADT

ADT atau Android Development Tools sesuai fungsinya adalah sebagai perlengkapan atau alat yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis OS ini. ADT ini terdiri dari kumpulan library yang dibutuhkan selama proses development. Mulai dari Play Store dan API untuk setiap versi OS ponsel canggih ini. Pengguna atau developer bisa memangfaatkan fitur ini dengan menggunakan tools Eclipse.

Installasi ADT pada Eclipse

Membuat aplikasi pada Eclipse dengan plugin ADT memang merupakan rekomendasi yang diberikan oleh Android, disamping lebih cepat serta juga mudah digunakan. Nah, untuk sobat ingin menggunakan ADT ini silahkan terlebih dahulu download dan ikuti petunjuk instalasi melalui halaman berikut http://developer.android.com/sdk/installing/installing-adt.html

Fitur Android Development Tools (ADT)

Salah satu kelebihan yang ingin saya ulas adalah ADT menyediakan emulator yang dapat digunakan sebagai simulasi penggunakan gadget android. Emulator ini termasuk fitur yang menarik, bagi sobat yang ingin mencicipi terlebih dahulu penggunaan gadget ini bisa menggunakan emulator tersebut. Emulator ini bisa di design spesifikasinya sesuai dengan keinginan atau menggunakan template gadget yang sudah ada.

Membuat aplikasi android ini memang memerlukan pengetahuan tentang pemograman java terlebih dahulu. Jika sobat lebih familiar dengan C# atau Pemograman .Net menurut saya cara pemograman yang diterapkan tidak jauh berbeda. Justru akan lebih mempermudah juga untuk mempelajari keduanya. Ada kelebihan dan kekurangan diantara kedua pemograman ini, namun keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Seperti contoh pada aplikasi mobile ini, java bisa digunakan untuk membangun aplikasi android sedangkan .Net bisa digunakan untuk membuat windows app yang bisa digunakan untuk OS Windows Phone pula.
Jadi, tunggu apalagi silah dicoba tools keren ini, dan segera mulai membuat aplikasi android. Namun pastikan sobat telah menginstal eclipse terlebih dahulu untuk menggunakan ADT ini. Baca juga tentang eclipse di Eclipse, IDE untuk develop aplikasi java

3 comments: