8:00 AM
2
Hey Gwener's, What's Up!
pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai framework LibGDX seperti contoh pembuatannya di Let's Code with LibGDX on eclipse. Kali ini kita akan coba membawa membaca resource image menggunakan LibGDX ini.
Pada umumnya seorang designer akan membuat spesifikasi resource secara terpisah dalam artian memiliki banyak file resource seperti image. Contohnya misalkan kita membuat sebuah game yang membutuhkan tomobol Play dan Re-Play. Kedua tombol ini biasanya akan dibisa dalam 2 file image yang berbeda, betul kan? namun sebenarnya sobat cukup menggabungkannya dalam satu file saja, kemudian dapat membedakannya menggunakan titik koordinat region. Setiap file gambar pastinya akan mempunya ukuran dimensi tertentu yakni ukuran width dan hight. Untuk lengkapnya perhatikan gambar berikut ini.
Texture Region
Berdasarkan gambar diatas kita akan mencoba mengambil bagian Region yang berada didalam texture tersebut. Sekali lagi perlu diketahui texture tersebut kita umpamakan sebagai gambar dan region adalah objek didalam suatu gambar yang akan kita ambil. Untuk mendapatkannya tentu kita perlu mengetahui titik kordinat pada region ini. Titik tersebut berupa koordinat (X,Y) dimana titik pusat (0,0) berada pada bagian atas kanan. Sehingga kita dapat menghitung sendiri menggunakan dimensi ukuran gambar, atau jika sobat menggunakan design seharusnya titik koordinat region ini bisa sobat dapatkan dengan sendirinya.
Dengan memanfaatkan Texture region ini sebenarnya kita telah terbantu sehingga file resource yang kita gunakan cukup pada satu image/texture saja dan untuk mengambil bagian tertentu kita menggunakan Texture Region ini.

Texture Region Pada LibGDX

Dengan memahami konsep diatas maka kita telah bisa memanfaatkan Texture Region pada framework LIbGDX. Caranyapun cukup sederhana. kita akan load sebuah file pada internal project dan mengambil bagian tertentu yang merupakan region dari gambar tersebut. Berikut contoh code yang bisa sobat gunakan.
   // load file image on internal project LibGDX
   Texture imageTexture= new Texture(Gdx.files.internal("data/photo.jpg"));
   // x, y, width, heigth
   TextureRegion logo = new TextureRegion(imageTexture, 0, 0, 50, 50);
Contoh diatas kita akan menarik region pada titik (0,0) dengan ukuran (50 x 50) yakni panjang dan lebar region yang akan kita gunakan. Ini konsepnya seperti kita akan men-select suatu object jika menggunakan mouse, pada titik tertentu kita akan tarik sesuai ukuran yang kita gunakan. Nah, dengan cara yang sama inilah kita akan mendapatkan texture region seperti contoh diatas.

Draw Texture Region Pada LibGDX

Selanjutnya adalah menggambar object dari texture region diatas untuk ditampilkan pada ui interface. Masih menggunakan LibGDX ini kita bisa memanfaatkan SpriteBatch untuk menambilkan object tersebut. Selengkapnya seperti code berikut
   SpriteBatch batcher = new SpriteBatch();
   batcher.draw(logo, 30, 30, 50, 50);
Dengan cara ini kita akan menampilkan object pada screen di titik (30, 30) dengan ukuran dimensi yang sama yakni (50 x 50). Jadi sobat sudah cukup paham dengan hal ini. Nah, coba menggunakan berbagai macam texture region yang berada pada image yang sama. Inillah salah satu kecanggihan framewok LibGDX ini, dapatkan segara dan cari tau di libGDX framework untuk aplikasi mobile (Java, IOS, android, html5)

2 comments: