8:00 AM
1
Eclipse IDE
Hey Gwener's, What's Up!
Berbicara tentang developer tentu banyak bahasa pemograman yang mesti dikuasai. Salah satunya adalah JAVA, memang saat ini saya masih baru dalam hal ini. Dibandingkan dengan .Net konsep pemogramannya java untuk tidak jauh berbeda. Jadi jika sobat menguasai salah satunya menurut saya tidak terlalu sulit untuk menerapkan ke dua pemograman ini.

Apa Itu Eclipse

Eclipse adalah salah satu Tools atau IDE yang bisa digunakan untuk mendevelop aplikasi berbasis java. Tools ini cukup ringan dan simple. untuk mendapatkan Tools ini sobat bisa mendownloadnya secara gratis, https://www.eclipse.org/downloads

Contoh Aplikasi dengan Eclipse

Sekarang kita akan coba membuat aplikasi sederhana menggunakan eclipse ini. Pastikan sobat sudah mendownload IDE Eclipse ini. Saat pertama kali dibuka, sobat akan diminta untuk menentukan workspace, yakni lokasi project yang akan sobat gunakan selama proses development.

Langakah 1. Membuat project baru

Pilih menu File > New > Java Project. Seperti gambar dibawah ini. Buatlah nama project yang ingin sobat gunakan. Umumnya nama project diawali dengan nama perusahaan atau website. Nah, pada contoh kali ini kita akan menggunakan nama package com.gweone
New Java Project

Langakah 2. Membuat class main

Perhatikan pada menu Package Explorer, nama project akan menjadi nama package seperti yang telah kita buat. Pada package ini sobat bisa membuat class didalam folder src. Pada contoh ini kita akan mencoba membuat aplikasi console dengan menampilkan Hello World.
New Class

Langakah 3. Code

Setelah berhasil membuat class pada project ini. Kini kita akan membuat code untuk menampilkan message pada console, seperti code berikut. Perhatikan bahwa, project secara otomatis akan mencari fungsi static void main pada setiap class.
package com.gweone.heloworld;
public class heloworld {
 
 public static void main(String[] args){
  System.out.print("GweOne - Hello World");
 }
}

Langkah 4. Jalankan project

Kini project sudah bisa dijalankan dan lihat hasilnya pada menu console. Pada console tersebut akan muncul Message seperti coding diatas.

1 comments:

  1. Ini baru memulai java programing untuk persiapan mobile apps

    ReplyDelete