8:00 AM
6
Genymotion for eclipse
Hey Gwener's, What's Up!
Emulator yang super cepat tentu sangat diperlukan oleh developer untuk melakukan simulasi. Terutama untuk aplikasi gadget dengan OS android. Berdasarkan Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android, memang disediakan emulator khusus. Namun masih terdapat sedikit kekurangan. Emulator yang diberikan terlalu lambat. Proses loading pun terlalu. Ini tentu akan menghambat bagi developer.
Beberapa alternatif sebenarnya bisa sobat gunakan sebagai pengganti emulator ADT tersebut. Salah satunya adalah Genymotion. Genymotion dibuat menggunakan virtual machine yakni virtual box. Mungkin sobat sudah banyak mengetahui akan hal ini, virtual box bisa digunakan untuk berbagai jenis OS atau sistem operasi. Spesifikasinya pun bisa diatur dan lebih cepat. Tentu dengan cara ini emulator pun bisa bekerja secara optimal
Inilah kenapa genymotion menjadi banyak pilihan alternatif untuk sebagai emulator yang super cepat. Untuk sobat yang ingin mencoba aplikasi android, lebih keren lagi karena genymotion bisa diintegrasikan dengan eclipse. Sama halnya adt, emulator ini simple dan secara otomatis tersingkron dengan aplikasi android atau project yang sedang sobat buat menggunakan eclipse. Saya sendiri sudah mencobanya dan ternyata jauh lebih cepat dan sangat efektif untuk proses development.
Oke, langsung saja untuk mencoba menggunakan Genymotion sobat bisa mendaftar terlebih dahulu secara gratis. Nah, selengkapnya sobat bisa baca di Genymotion untuk emulator android super cepat. Pastikan sobat telah melakukan instalasi terlebih dahulu dan membuat emulator sesuai dengan OS android dan spesifikasi yang sobat inginkan. Hal ini dibutuhkan nanti untuk running aplikasi menggunakan eclipse.

Instalasi Genymotion plugin untuk eclipse

Ada 2 cara yang bisa sobat lakukan untuk instalasi plugin ini, yakni
  1. Update Site
    Cara ini membutuhkan koneksi internet selama proses instalasi. Sobat buka eclipse dan pilih menu Help->Install New Software..., Tambahkan plugin dengan kriteria berikut
    Name: Genymobile dan Location: http://plugins.genymotion.com/eclipse
    Selangjutnya proses installasi akan berjalan dan tunggu hingga selesai. Jika berhasil sobat akan melihat icon genymotion pada toolbar eclipse tersebut.
  2. Manual
    Jika sobat lebih memilih tanpa menggunakan koneksi internet, sobat bisa menggunakan cara ini. Hanya saja sobat harus mendownload terlebih dahulu plugin yang dibutuhkan. Silahkan kunjungi dokumentasi selengkapnya dibawah ini.
untuk lebih detail sobat bisa membaca petunjuknya menggunakan dokumentasi yang telah mereka sediakan di https://cloud.genymotion.com/page/doc/#collapse8

Cara menggunakan genymotion pada eclipse

Jika berhasil melakukan installasi sobat, akan melihat icon genymotion pada toolbar eclipse. Pastikan telah melakukan restart aplikasi ini terlebih dahulu. Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi genymotion. Klik icon genymotion tersebut, atau melalui menu Window -> Preference dan pilih Genymobile.
Konfigurasi Genymotion
Pastikan lokasi instalasi genymotion yang sobat lakukan sudah benar. seperti gambar diatas. Nah, sampai saat ini emulator genymotion ini sudah siap untuk sobat gunakan. Untuk selanjutnya sobat klik icon genymotion dan jalankan salah satu emulator yang sobat buat seperti gambar dashboard diatas. Kemudian jalankan juga aplikasi android yang sobat buat. Mudah kan?
Sobat belum bisa membuat aplikasi android? jangan khawatir, caranya sangat sederhana sekali. Sobat bisa memulainya dengan menggunakan eclipse terlebih dahulu. Baca disini Develop android apps dengan Eclipse menggunakan ADT. Semoga bermafaat.

6 comments:

  1. makasih atas infonya. Kunjungi juga info soal bisnis dan permainan, komputer di http://berbagi-ilmu.uni.me

    ReplyDelete
  2. genymotion bisa simulasiin semua merek device bahkan yang terbaru kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua merek, geny motion hanya digunakan untuk android os dengan resolusi yang umum digunakan

      Delete