8:00 AM
1
Genymotion Emulator
Hey Gwener's, What's Up!
Emulator sangat dibutuhkan oleh developer untuk melakukan tester terhadap aplikasi yang sedang dibuat. Dalam melakukan uji coba tentu juga dibutuhkan kemampuan emulator yang cepat seperti halnya perangkat yang sebenarnya. Begitu pula dengan emulator android, Banyaknya bermunculan developer android membuat kebutuhan emulator juga meningkat dengan performance yang jauh lebih baik. Sayangnya jika menggunakan emulator dari ADT (Android Development Tools) sangat lambat dalam proses loading. Terkadang jadi lemot sekali.
Memang Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android adalah perangkat khusus yang diberikan oleh Google untuk membangung aplikasi android ini. Hanya saja untuk emulator yang memiliki peran penting bagi developer tidak dimaksimalkan dengan baik oleh ADT ini. Oleh karena itu banyak developer mencari alternatif lain untuk emulator ini.
Sebelumnya juga saya menggunakan emulator dari ADT ini Mencoba gadget android dengan emulator dari ADT. Untuk memulai saja membutuhkan waktu hampir 30 menit, itupun kalau berhasil. Jikapun berhasil emulator ini sangat lambat seperti lemot sekali. Oleh karena itu, untuk kita yang butuh segala sesuatu yang cepat, sangat tidak cocok menggunakan emulator ini. Harus ada alternatif lain.

Sobat termasuk salah satunya, munkin ini bisa jadi solusinya. Genymotion memberikan emulator gratis dengan metoda yang berbeda dengan ADT. Emulator dibuat menggunakan virtual machine. Jadi performancenya jauh lebih baik. Selain itu, kita juga bisa memilih perangkat sesuai dengan yang ada dipasaran berdasarkan spesifikasi yang ada. Sehingga emulator ini cocok digunakan untuk keperluan uji coba aplikasi yang dibuat.

Dapatkan GenyMotion Sekarang

Untuk mendapatkan emulator ini sobat cukup mendaftar secara gratis dan mendownload softwarenya melalui website www.genymotion.com. Download dan install aplikasinya, untuk pengguna OS Windows sobat harus menginstall Virtual Box terlebih dahulu, jika belum memilikinya genymotion juga telah menyediakan package installernya disini https://cloud.genymotion.com/page/launchpad/download

Membuat emulator genymotion

Setelah berhasil melakukan instalasi selanjutnya sobat bisa mencoba membuat emulator sendiri berdasarkan contoh device yang disediakan. Pilih tombol Add dan pastikan sobat mempunyai konektifitas ke internet dan telah melakukan registrasi sebelumnya.
Genymotion Apps
Pilih OS Android yang ingin sobat gunakan dan device yang sesuai, perhatikan Jenis dan ukuran layar yang ingin dibuat. Semuanya bisa sobat coba, cukup memilih dan mendownload device ini.
Device Defenitions
Sampai pada tahap ini sobat sebenarnya sudah berhasil membuat emulator android sesuai dengan gadget yang sobat inginkan. Spesifikasi yang digunakan juga telah sesuai dengan perangkat yang sebenarnya. Kini tinggal sobat coba untuk membuat aplikasi android, mau Tau? baca disini Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android

1 comments:

  1. Cobalah emulator ini sekarang dan lihat kecepatan super cepat dibandingkan emulator lainnya

    ReplyDelete