Installasi Xamarin
Hey Gwener's, What's Up!
Pada artikel sebelumnya saya telah mengulas tentang 6 Alasan menggunakan Xamarin untuk Mobile Apps. Ya, Xamarin adalah aplikasi yang membantu .Net developer untuk membuat aplikasi mobile dengan lintas platform hanya dengan menggunakan C#.Net.
Bagaimana proses instalasinya, Selengkapnya akan saya ulas pada artikel ini. Simak terus ya.

Installasi Xamarin For Windows

Tahap pertama yang perlu sobat lakukan adalah download installer Xamarin langsung dari website berikut http://www.xamarin.com/Download. Perlu diketehui bahwa xamarin ini merupakan aplikasi berbayar. Namun sobat tetap dapat menggunakan versi trial terlebih dahulu untuk mencobanya.

Jalankan Installer

Jika sobat berhasil mendownload aplikasi ini. Sobat akan diberi file intaller yang tetap membutuhkan koneksi internet selama proses installasi. Jalankan installer tersebut dan tunggu saja sampai proses selesai.

Konfigurasi Installasi

Sekarang semua komponen dari Xamarin telah terinstal. Ada beberapa konfigurasi yang perlu sobat setting terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa xamarin sebenarnya menggunakan SDK dari masing-masing platform. Seperti Android ataupun Apple. Ini digunakan untuk meng-compile aplikasi yang sedang dibuat maupun untuk menjalankannya pada emulator yang telah tersedia.
Konfigurasi Xamarin pada Visual Studio
Arahkan konfigurasi tersebut pada lokasi dimana SDK platform diinstall pada PC sobat. Jika sobat telah menggunakan Installer diatas secara otomatis SDK ini telah didownload dan terinstall pada PC.

Activation

Jika sobat telah membeli lisensi Xamarin ini sobat bisa melakukan activasi pada saat memulai proses development. Hal ini akan memverifikasi akun Xamarin yang telah sobat daftarkan. Jika ingin mencoba versi trial, akan ada batasan atau limitasi selama proses development. Namun, untuk mencoba tidak adalah salah menggunakan xamarin ini. Selamat mencoba.
Xamarin memang sangat cocok untuk .Net Developer, karena support untuk berbagai macam fitur .Net. Ini beberapa kelebihan xamarin bisa sobat baca pada 4 Kelebihan Xamarin untuk Android dan IOS Apps

2 comments: