8:00 AM
2
LibGDX framework
Hey Gwener's, What's Up!
Sudah mengenalkah sobat tentang framework? jika belum, ada baiknya memahaminya di Membangun aplikasi dengan framework. Framework pada dasarnya mempermudah dalam membuat suatu aplikasi. Namun terkadang framework hanya bisa digunakan pada suatu pemograman saja. Misalnya untuk .Net, java maupun IOS.
Pada bahasan kali kita akan fokus pada aplikasi mobile yang berbasis java. Namun bisa digunakan untuk berbagai macam platfrom seperti Android, IOS, Blackberry maupun desktop. Berbeda dengan framework pada umumnya. Ini adalah LibGDX sebuah terobosan untuk multi platfrom framework

Apa itu LibGDX

LibGDX adalah sekumpulan library yang berbasis java. Seperti yang telah kita ketahui java merupakan platform yang disupport di berbagai macam OS, bahkan hampir kesuluran OS menyediakan fitur ini. Oleh karena itu LibGDX hadir sebagai inovasi untuk menyimbangkan berbagai macam OS.
Pernahkan sobat membuat sebuah aplikasi namun tidak dapat digunakan pada OS ataupun platform yang lain?, Nah, LibGdx ini adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat dalam melakukan konversi aplikasi untuk berbagai lintas platfrom. LibGDX berisi sekumpulan library yang dibangun diatas java. Semua kelengkapan seperti IO dan UI juga disediakan oleh LibGDX. Sehingga sobat tidak perlu membuat sebuah framework lagi untuk aplikasi mobile maupun desktop.
Karena berbasis java LibGDX tentunya hanya bisa digunakan pada IDE yang support java seperti eclipse. Sudah mencoba IDE ini? jika belum silahkan pelajari di Eclipse, IDE untuk develop aplikasi java. eclipse sendiri bisa dilengkapi dengan berbagai macam plugin sehingga sangat cocok dengan LibGdx untuk membuat aplikasi lintas platfrom.

Memulai Menggunakan LibGDX

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan LibGDX akan kita ulas selengkapnya disini.
  1. Install IDE
    Seperti yang telah disinggung diatas, IDE yang paling cocok adalah menggunakan eclipse. sobat bisa langsung mendownload IDE secara gratis dari situs resminya.
  2. Install Plugin Android
    Jika berkaitan dengan mobile, tentu tidak asing menggunakan android. Namun dengan eclipse kita membutuhkan plugin untuk mengintegrasikan IDE dengan SDK dari android ini. Selengkapnya sobat bisa membaca petunjuk instalasi di Develop android apps dengan Eclipse menggunakan ADT
  3. Install Plugin IOS
    IOS juga banyak digunakan aplikasi mobile. Namun kita memerlukan plugin ekternal untuk menggunakan fitur ini, yakni RoboVM, sebagai open source untuk membuat native aplikasi berbasis IOS. langsung saja sobat bisa menginstal dengan cara Robovm alternatif xcode untuk membuat aplikasi IOS
Sebelum melanjutkan ketahap selanjutnya pastikan sobat telah melakukan tahapan diatas dengan benar sehingga kita bisa memulai membuat aplikasi dengan framework LibGDX ini. Nantikan artikel selanjutnya untuk tutorial framework ini.

2 comments: