Hey Gwener's, What's Up!
Menghubungkan aplikasi dengan menggunakan media social merupakan sebuah saran yang sangat direkomendasikan. Banyaknya media social yang muncul memungkinkan setiap aplikasi bisa dikenal oleh orang lain dengan cepat. Pengguna Facebook misalnya, hampir ada disetiap negara dan tetap berlangsung hingga saat ini, seperti tidak ada habis. Kenapa demikian? ya sebagai media social, facebook juga menghadirkan integrasi untuk menggunakan semua fitur social media yang disediakannya.
Tentu untuk mengintegrasikan media sosial seperti facebook hanya bisa dilakukan oleh developer yang memahami akan hal ini. Facebook menyediakan API dengan berbagai macam bentuk pemograman dan hampir seluruh jenis pemograman dapat diintegrasikan. Salah satunya tentu java. Tepatnya kita akan fokus pada LibGDX sebagai framework untuk aplikasi mobile (Java, IOS, android, html5)
Login with facebook

Persiapan Login Facebook

Untuk menghubungkan aplikasi dengan menggunakan facebook dibutuhkan SDK yang harus didownload terlebih dahulu. SDK ini telah disediakan oleh Facebook dan tinggal memilih pemograman yang akan digunakan. Pada contoh ini kita akan menggunakan android sebagai aplikasi yang akan dihubungkan dengan facebook.
Sebagai tahap awal pastikan sobat telah membuat aplikasi facebook sesuai deskripsi aplikasi android yang digunakan. Maksudnya adalah ini digunakan untuk berkomunikasi dengan API facebook menggunakan keyhash yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa mempelajarinya dengan cara berikut Membuat aplikasi facebook untuk platfrom android

Cara Login Facebook

Inilah step dimana kita akan mencoba terhubung menggunakan facebookk. Seperti yang telah disinggung diawal kita akan menggunakan aplikasi android yang tentunya menggunakan bahasa pemograman java. Untuk membuka login session menggunakan facebook sobat bisa menggunakan code berikut.
private Session.StatusCallback sessionCallback = new Session.StatusCallback() {
 @Override
 public void call(final Session session, final SessionState state,
   final Exception exception) {
   onSessionStateChange(session, state, exception);
  
 }
};

private void onSessionStateChange(final Session session,
   SessionState state, Exception exception) { 
 if (session != null && session.isOpened()) {
  if (!state.equals(SessionState.OPENED_TOKEN_UPDATED)) {
   // Session is Openend
  }
 } 
}
Fungsi sessionCallback ini digunakan ketika pengguna aplikasi telah berhasil login menggunakan facebook. Setelah berhasil terhubung sobat bisa mengelola data dengan session facebook tersebut. Untuk membuka koneksi facebook sobat bisa lakukan dengan cara berikut
Session session = Session.getActiveSession();
if (session == null || !session.isOpened()) {
 Session.openActiveSession(currentActivity, true, sessionCallback);
}
Active Session adalah session yang sedang digunakan, kita harus memastikan bahwa session yang digunakan telah terbuka dan mendapat izin dari pengguna aplikasi tersebut. Dengan cara ini sobat sudah bisa mendapatkan session dari facebook dalam artian facebook juga telah terhubung dengan platform android melalui aplikasi yang sobat gunakan.

2 comments: