8:00 AM
5
Hey Gwener's, What's Up!
Sebagai media sosial yang menjadi tren dari media social lainnya facebook hadir untuk memenuhi kebutuhan sosial dikalangan masyarakat tidak hanya diindonesia dibelahan dunia lainnya pun banyak pengguna aktif yang terus menggunakan facebook. Sebagai sarana berbagi dan berkomunikasi secara online tentu facebook banyak diminati terutama untuk pengguna gadget yang suka autis.
Melihat peluang ini, facebook sebenarnya dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemograman seperti halnya android. Banyak juga aplikasi yang bisa terhubung dengan facebook untuk memberikan data bahkan membagikan kegiatan atau aktifitas dalam aplikasi tersebut. Namun tahukah sobat bagai menggunakan facebook untuk platfrom android ini.
Facebook Connect
Pada artikel ini akan saya uraikan step by step untuk membangun aplikasi yang terintegrasi dengan facebook menggunakan platfrom android. Yang perlu kita persiapakan pertama kali adalah API dari facebook. untuk itu kita harus membuat sebuah aplikasi pada dashboard developer facebook terlebih dahulu. developer.facebook.com

Membuat Deskripsi Aplikasi

Sebelum menghubungkan facebook dengan aplikasi yang kita buat, terlebih dahulu kita harus memberikan informasi mengenai aplikasi tersebut pada facebook. Agar koneksi yang dibangun bisa saling terhubung dengan sumber yang jelas. Karena setiap aktifitas yang dilakukan akan terus dimonitor.
Buatlah sebauh aplikasi dari menu Apps -> Create App.
Create Facebook App
Berikan informasi mengenai aplikasi yang akan sobat gunakan. Assumsinya adalah dibangun diatas platfrom android. Jadi setelah berhasil membuat aplikasi ini, buka menu Settings dan pilih platform yang digunakan. Dalam hal ini kita menggunakan android.
Add Platfrom Facebook App

Menentukan Keyhash Facebook

Ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui dalam menentukan keyhash untuk platform android ini. Keyhash berisi enckripsi yang berada pada keystore yakni sebuah signatur berisi informasi dari pembuat aplikasi android tersebut. Selama proses development aplikasi android akan membutuhkan key dari debug.keystore sementara setelah proses masuk keproduktion sobat harus menggunakan keystore yang berbebeda
Untuk menentukan keyhash ini sobat bisa mengikuti cara berikut Cara mendapatkan KeyHash untuk aplikasi android
Seletelah mendapatkan keyhash secara otomatis aplikasi sobat sudah bisa digunakan untuk terhubung dengan facebok melalui gadget android. Berikut konfigurasi selengkapnya.
Settings Facebook App

5 comments: