8:00 AM
4
Aplikasi IOS
Hey Gwener's, What's Up!
Jika sebelumnya kita membahas tentang aplikasi android, kini juga tidak jauh berbeda. Masih berkaitan dengan aplikasi untuk mobile phone. Aplikasi mobile ini dari berbagai platform ternyata juga bisa dibuat menggunakan eclipse. Termasuk Aplikasi khusus IOS atau pengguna gadget dari produsen Apple ini.
Eclipse, IDE untuk develop aplikasi java. Ya, semua platform aplikasi mobile sangat support untuk menggunakan JAVA. Sebab konon java adalah pencetus aplikasi mobile. Masih ingatkah sobat pada masa symbian masih mendominasi OS ponsel saat itu. Java adalah primadona untuk aplikasi berbasis mobile. Walaupun java juga tersedia untuk versi desktop juga.
Kini dengan munculnya kemajuan teknologi seperti IOS ini, mengharuskan seorang developer juga harus bisa menguasai atau paling tidak aplikasi yang dibuatnya bisa digunakan antar lintas platform. Misalkan android dan IOS serta windows phone. 3 raksasa platform mobile ini saling bersaing dalam hal gadget. Tentu sebagai developer ini menjadi peluang yang besar bagi sobat untuk ikut serta dalam kompetisi ini dalam membuat aplikasi-aplikasi yang diminati oleh pengguna gadget.

Untuk saat ini memang saya baru memulai merambah aplikasi mobile khususnya aplikasi IOS ini. Saat ini pun masih fokus pada OS android terlebih dahulu. Seperti ulasan saya di Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk merambah ke platform yang lain. Seperti yang saya jelaskan diatas, aplikasi mobile juga harus bisa digunakan antar lintas platform.

Bagaimana membuat aplikasi IOS?

Pernahkah sobat bertanya, bagaimana membuat aplikasi IOS ini. Dari informasi yang saya peroleh untuk menggunakan OS yang satu ini kita harus menggunakan semua fasilitas dari mereka. Mulai dari desktop (MAC) hingga IDE untuk programingnya. Semua itu berbayar dan tidak ada yang gratis loh. Jadi, untuk sobat yang ingin memulai menggunakan platform ini sebaiknya juga menyediakan budget yang cukup.
Sekedar infromasi saja, untuk membuat aplikasi berbasis IOS ini sobat bisa menggunakan IDE XCode dari apple. Dan sekali aplikasi gratis jika diinstall pada MAC book. Saya sendiri sampai saat ini belum menemuakan cara untuk menggunakan XCode ini diluar IOS platfrom seperti linux maupun windows. Namun sampai saat ini belum saya temukan caranya. Jika sobat mengetahuinya mungkin bisa berbagai melalui form komentar dibawah artikel ini.
Alasan inilah yang membuat saya hampir memutuskan harapan untuk membuat aplikasi berbasis IOS ini. Memang memerlukan budget yang lumayan. Namun hal ini dapat terbantahkan ketika saya menemukan IDE lain yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi IOS ini. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa Java adalah framework yang bisa diterapkan diberbagai platform bahkan IOS sekalipun. Hal inilah yang menjadi tujuan saya selanjutnya. Ya, membuat aplikasi berbasis java sehingga bisa digunakan dimana saja.

Jika berbicara tentang java, sobat bisa menemukan berbagai macam IDE yang cocok dengan "selera" sobat. Namun saya dan kebanyak developer akan lebih merekomendasikan menggunakan Eclipse. IDE yang bisa digunakan untuk membuat berbagai platform. Bagusnya lagi Eclipse memiliki plugin yang sudah mencapai ribuan. saya rasa berbagai macam keperluan bisa sobat temukan dengan IDE ini. Dan yang paling penting adalah Eclipse ini gratis dan unlimited.
Salah satu contoh menarik adalah, eclipse bisa diintegrasikan dengan emulator. Ya, semacam simulasi untuk mencoba aplikasi khusus untuk pengguna gadget. Tentu ini menarik perhatian sobat bukan?. Ini contohnya Genymotion sebagai plugin eclipse untuk emulator android

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya eclipse ini menarik karena pluginnya banyak ya, jadi aplikasi yang dibuat juga akan lebih lengkap dan mudah. untungnya gratis... sudah saya download eclipsenya, sebentar lagi akan saya coba. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, IDE yang paling bagus untuk android ya eclipse ini

      Delete