ADT Emulator
Hey Gwener's, What's Up!
Android di masa sekarang sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk yang suka autis didepan gadget. Dimana dan kapanpun setiap orang akan membuka gadget android ini. Di Indonesia perkembangan gadget ini sangat meningkat dari hari ke hari. Nah, sobat sudah memiliki gadget ini? kalau belum inilah saat sobat mencoba kecanggihan gadget ini menggunakan emulator ini.
Emulator adalah sebuah perangkat virtual yang bisa dijalankan hanya menggunakan PC atau laptop saja. Jadi, tidak ada bentuk fisik gadgetnya loh. Walaupun begitu dengan emulator ini kita dapat mengetahui seberapa canggih dan fitur apa saja yang disediakan. Android pun sangat pintar akan hal ini. Sehingga emulator ini dibuat untuk sobat yang ingin mencoba layanan android dalam bentuk virutal.
Emulator sendiri sebenarnya direkomendasikan untuk android developer. Karena developer membutuhkan tester untuk aplikasi yang mereka buat, oleh karena itulah banyak manfaat emulator android ini digunakan oleh developer. Emulator ini pun dapat disesuaikan dengan keingin dan spesifikasi sesuai yang kita harapkan. Namun juga bisa menggunakan design yang sudah ada sesuai gadget gadget yang telah direlease ke publik.

Bagaimana mendapatkan emulator Android?

Android development tools (ADT) adalah jawabannya, Sebuah library yang lengkap untuk platform android ini. Dibangun diatas java. Nah, emulator ini sudah disediakan pada tools ini. untuk lengkapnya sobat bisa mendapatkannya di Android development tools (ADT) untuk membuat aplikasi android

Cara menggunakan emulator Android

Jika berhasil melakukan instalasi maka android sdk akan berlokasi di %Program Files%\Android\android-sdk jika sobat menggunakan OS Windows. Buka folder tersebut dan jalankan file AVD manager. Sobat akan menemukan tampilan seperti gambar berikut.
AVD Manager
Pada AVD manager ini tersedia emulator yang akan sobat jalankan. Jika belum ada sobat bisa membuat baru atau menggunakan spesifiaksi dari template yang ada, sobat bisa melihatnya pada tab Device Defenitions.
New AVD emulator
Sampai tahap ini sebenarnya sobat sudah memiliki emulator yang siap dijalankan. Nah, pilih emulator dan klik tombol start. Tunggulah beberapa saat, Terkadang ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sobat bisa meninggalkannya sejenak untuk minum secangkir kopi terlebih dahulu mungkin. Dan lihat nanti hasilnya seperti gambar dashboard artikel ini. Emulator sobat sudah siap sobat gunakan. Selamat mencoba.

1 comments:

  1. Nantikan juga emulator yang super cepat untuk android.. segera!

    ReplyDelete