Hey Gwener's, What's Up!
Dalam berinteraksi dalam sebuah aplikasi yang saling terintegrasi satu sama lain menggunakan API tertentu seperti halnya facebook tentu ada batasan atau limitasi untuk mengakses atau melakukan aksi menggunakan API tersebut. Agar batasan atau limitasi tersebut bisa dihilangkan tentu semua ini dikendalikan oleh sebuah login yang dinamakan Permission.
Permission membantu membatasi akses seseorang atau aplikasi lain terhadap suatu sumber yang menyediakan API untuk berinteraksi. Tentu tidak semua akses aplikasi bisa dilakukan. Pada dasarnya permission terdiri dari beberapa bagian seperti Read, Write atau Full Control. Dilihat dari segi kebutuhan aplikasi tentu permission ini bisa diperluas lagi agar akses yang diberikan memang sesuai dengan modul yang akan digunakan.
Request Permission facebook
Permission seperti ini pun akan kita gunakan juga ketika menggunakan Facebook untuk berinterasi dengan aplikasi yang sedang kita buat. Memang banyak API yang bisa digunakan salah satunya untuk android. Seperti Membuat aplikasi facebook untuk platfrom android. Banyak aplikasi yang menggunakan facebook untuk melakukan login sehingga aplikasi tersebut tidak perlu lagi mengelola member atau anggota aplikasi tersebut.
Facebook sebagai media sosial tersebar dan tersukses tentunya selalu memberikan invosi dalam era lintas platfrom ini. Semua data di facebook atau lebih tepatnya data pengguna facebook bisa diakses dari luar. Maksudnya digunakan untuk keperluan aplikasi lain seperti untuk aplikasi-aplikasi android ini.
Namun tidak semudah itu juga facebook memberikan akses kepada aplikasi yang ingin mengambil data atau melakukan akses tertentu terhadap data pengguna facebook. Karena semua dibatasi oleh permission. Sehingga jika ingin mendapatkan akses, maka aplikasi harus melakukan request permission sesuai kebutuhan yang akan dilakukan. Biasanya ketika request permission ini dilakukan pengguna facebook akan memberikan izin atau tidak terhadap aplikasi tersebut. Jika diberi izin maka aplikasi dapat segera melakukan aksinya

Sebagai contoh, ketika sebuah aplikasi ingin membuat postingan pada wall suatu pengguna facebook. Maka aplikasi tersebut harus memiliki akses atau permission publish_actions dari pengguna facebook tersebut. Oleh karena itu kita perlu mengecek terlebih dahulu apakah pada session yang terbentuk sudah memiliki permission tersebut sebelum melakukan aksi memposting sebuah tulisan pada wall suatu pengguna facebook.
Agar lebih jelas, saya akan coba berikan sebuah contoh penggunaan request permission pada facebook ini yang bisa diterapkan pada aplikasi yang berbasis platform android.
Session session = Session.getActiveSession();
if (session != null) {   
 
 Session.NewPermissionsRequest newPermissionsRequest = new Session.NewPermissionsRequest(
   currentActivity, Arrays.asList(new String[]{"pubish_actions"}))
   .setDefaultAudience(SessionDefaultAudience.FRIENDS);
 session.requestNewPublishPermissions(newPermissionsRequest);
 
} 
Dengan cara diatas session yang aktif saat ini akan melakukan request permission sesaui kebutuhan aplikasi yang dibuat. Terakhir jika sobat ingin mengetahui cara login menggunakan facebook SDK silahkan baca di sini LibGDX with Login Facebook

5 comments:

  1. Jadi sebenarnya kita dapat menggunakan hampir semua feature yang ada pada facebook ini

    ReplyDelete