Hey Gwener's, What's Up!
Sebagai developer yang harus menguasai berbagai jenis pemograman tentu akan membutuhkan juga berbagai macam IDE yang harus digunakan. Seperti untuk android dan java kita akan membutuhkan IDE seperti Eclipse, IDE untuk develop aplikasi javaAtau menggunakan Visual Studo untuk IDE pemograman untuk .Net.
Setiap IDE ini pastinya ada yang mengguakan lisensi berbayar maupun freeware yang bisa digunakan oleh siapa saja. Jika dalam suatu PC kita harus menginstal semua IDE ini tentu akan membutuhkan space yang besar. Apalagi ketika semuanya memang dibutuhkan. Namun terkadang kita membutuhkan IDE tersebut hanya untuk mengcopile. Bagaimana jika hanya digunakan untuk mengedit file atau sebagai editor saja tidak untuk dicompile. Tentu tidak perlu menggunakan IDE seperti ini kan
Notepad ++
Jika sobat membutuhkan editor yang hanya digunakan untuk mengedit suatu file pemograman tertentu ini tools atau sofware yang bisa digunakan. Notepad++ adalah solusinya. Lebih canggih dari notepad biasa software bawaan dari windows. Notepad++ lebih memiliki banyak fitur seperti intelesense untuk setiap pemograman yang digunakan. Walaupun sebenarnya intelesense tersebut tidak begitu sensitif, namun notepad++ ini bisa digunakan untuk mengedit berbagai macam file terutama untuk pemograman.
Seperti HTML, Java ataupun .Net programing juga bisa dibangun menggunakan software ini. Notepad++ juga tersedia plugin yang bisa digunakan untuk mengkompile file yang telah dibuat. Namun lebih dari itu, notepad sangat cocok untuk sobat yang ingin memproses pemograman lebih cepat.
Nah, jika tertarik silah langsung saja dicoba aplikasi ini, Gratis kok! jadi tidak perlu khawatir tentang lisensi notepad++ ini. Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. Jadi tidak perlu mempunyai IDE untuk pemograman kan?

    ReplyDelete